Ayo Segera Steril Kucing Kamu, Begini Manfaatnya!

RADARGROUP.ID – Steril Kucing adalah proses sterilisasi dengan prosedur operasi pembedahan oleh dokter hewan pada kucing betina maupun kucing jantan.

Pada jantan, proses operasi untuk steril kucing jantan adalah pengangkatan testis yang merupakan sumber tertosteron. Sehingga setelah proses sterilisasi maka jantan akan menurunkan hormon tertosteron ini.

Untuk steril kucing betina melalui prosedur pengangkatan ovarium dengan proses operasi bernama ovariektomi. Artinya, rahim pada kucing betina akan menghilang sepenuhnya.

BACA JUGA : Cuma 10 Menit! Pengajuan KUR BCA 2023 Bisa Daftar Lewat Website Ini!

Setelah melakukan steril kucing, maka kucing jantan tidak bisa membuahi kucing betina. Kemudian, kucing betina juga tidak bisa dibuahi oleh kucing jantan.

Harga untuk sterilisasi pada kucing bermacam-macam. Biasanya mulai dari harga 200 ribu rupiah pada kucing jantan. Kucing betina akan lebih mahal biaya operasinya karena operasi pada betina lebih kompleks ketimbang operasi pada jantan.

BACA JUGA : Minyak Bawang Putih Ala Chef Devina Hermawan Ini Wangi, Anti Pahit dan Tahan Lama

Banyaknya Manfaat Steril Kucing

Memang pasca operasi steril, kucing akan melalui hari penyembuhan atau recorvery. Pada hari-hari pertama, kucing akan merasakan mual dan memuntahkan makanan yang habis mereka konsumsi. Hal ini merupakan salah satu efek dari obat bius yang dokter hewan gunakan dalam pengoperasian.

Kucing juga perlu pengawasan agar jahitan pasca operasi tidak mengalami pembengkakkan atau pun terinfeksi. Sehingga, pemilik anabul (anak bulu) harus memperhatikan instruksi dari dokter hewan untuk perawatan masa penyembuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *