Kelas BPJS Kesehatan Bukan Dihapus, tapi Dioptimalkan

Yuk!! Cermati kebijakan terbaru terkait kelas BPJS Kesehatan

Radargroup.id – Presiden Jokowi telah memutuskan untuk mengubah kelas pelayanan BPJS Kesehatan pada 8 Mei 2024. Simak ketentuan dan layanan BPJS Kesehatan terbaru berikut ini.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, telah meluncurkan ketentuan baru terkait BPJS Kesehatan. Ketentuan tersebut adalah penghapusan kebijakan Kelas 1,2,3 BPJS Kesehatan menjadi sistem KRIS atau Kelas Rawat Inap Standar.

Perihal tersebut telah termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpes) No. 59 Tahun 2024, berdasarkan Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2018 terkait Jaminan Kesehatan.

Berdasarkan Perpres 59 Tahun 2024 pada Pasal 103B ayat 2, penggantian sistem kelas menjadi sistem KRIS akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Kelas BPJS Kesehatan Segera Dihapus, Simak Iurannya!

Baca juga: TERBARU! Begini Cara Mengecek BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan NIK, LENGKAP 2023!

Pemberlakuan sistem KRIS ini diproyeksikan akan dapat dilakukan di semua rumah sakit Indonesia pada 30 Juni 2025 paling lambat.

Lalu, Bagaimana Ketentuan Sistem Iuran BPJS Kesehatan Terbaru?

Atas hal ini, Menteri Kesehatan Budi Gunasi Sadikin mengkonfirmasi terkait berita penghapusan kelas BPJS Kesehatan. Beliau mengatakan bahwa tidak penghapusan kelas BPJS Kesehatan, melainkan penyederhadaan standar pelayanan.

Menurutnya, ketentuan ini dalam rangka menyederhanakan layanan BPJS Kesehatan sekaligus peningkatan kualitas. Dengan kata lain, kelas 3 atau golongan kelas rendah BPJS Kesehatan menjadi seperti naik ke kelas 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *