Tips Mengatasi Kecemasan Berlebih Dengan Cepat!

RADARGROUP.ID- Kecemasan terkadang memang umum terjadi, tetapi perlu cara yang tepat untuk mengatasi agar tidak berlarut-larut dan mengganggu aktivitas. Artikel ini akan memuat cara mengatasi kecemasan berlebih, simak selengkapnya di sini!

Perasaan cemas merupakan perasaan yang umum terjadi dan biasanya muncul sesekali saat menghadapi situasi pemicu rasa khawatir. Biasanya kecemasan akan reda dan normal dengan sendirinya. Namun, bagi sebagian orang ada yang mengalami kecemasan dengan intensitas yang sering dan dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut dapat di sebabkan oleh gangguan kecemasan yang di alami oleh seseorang.

BACA JUGA:

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih

Kecemasan pada tingkat sumber gangguan kecemasan memang bermacam-macam, mulai dari gangguan kecemasan menyeluruh, phobia, bahkan serangan panik. Umumnya kondisi-kondisi ini perlu ditangani oleh psikoterapi dan obat-obatan. Namun, ada cara lain yang bisa di lakukan untuk mengatasi kecemasan.

Beberapa cara yang dapat di lakukan secara mandiri dalam mengatasi kecemasan antara lain:

1. Menarik napas secara mendalam
Ketika menarik napas mendalam, tubuh akan menjadi lebih rileks dan aktivitas saraf yang menjadi penyebab kecemasan di otak juga dapat berkurang. Cara melakukannya yang benar adalah menarik napas selama 4 detik. Kemudian, tahan napas selama 7 detik dan hembuskan perlahan dalam hitungan waktu 8 detik. Lakukan untuk mengatasi kecemasan secara berulang sampai pikiran lebih merasa tenang.

2. Mengambil space atau meluangkan waktu untuk diri sendiri
Ambillah waktu untuk dirimu sendiri. Hal yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengatasi kecemasan adalah dengan meditasi, berendam di air hangat, atau jalan kaki. Lakukan hal-hal yang bisa menenangkan, jika perlu hindari dan matikan telepon genggam hingga kamu benar-benar siap untuk berhubungan dengan orang lain.

Hal ini perlu kamu coba karena terkadang kecemasan bermula dari meningkatnya hormon stres. Jadi melakukan relaksasi untuk diri sendiri dapat membuat badan dan pikiran menjadi lebih tenang dan kecemasanpun bisa mereda.

3. Hindari kafein dan alkohol

baca juga: VIRAL! Rekomendasi Cushion Terbaik Bikin Auto Glowing dan Flawless, Worth To Buy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *