MUDIK GRATIS 2024 Dari Kemenhub Kembali Dibuka! Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

RADARGROUP.ID- Program mudik gratis dari Kemenhub kembali di buka pada Ramadhan 2024 Ini. Untuk mengetahui persyaratan dan cara daftarnya, simak artikel ini sampai selesai!

Kemenhub atau Kementerian Perhubungan telah mengumumkan bahwa akan kembali di adakan Angkutan Mudik Gratis Tahun 2024, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk pulang ke kampung halaman saat hari raya lebaran tahun 2024.

Program ini telah di sosialisasikan pada 29 Februari 2024 lalu. Masyarakat menjelang lebaran nantinya akan melaksanakan mudik entah menggunakan transportasi umum yang ada, kendaraan pribadi, atau transportasi seperti sepeda motor.

Kemenhub juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik dengan jarak jauh untuk tidak menggunakan sepeda motor karena lebih berisiko. Jadi, Kemenhub mengaja masyarakat untuk mudik lebaran dengan nyaman dan aman melalui program Mudik Gratis 2024. Moda yang di sediakan dalam Mudik Gratis yang di selenggarakan oleh Kemenhub terdiri dari beberapa moda, seperti tranportasi darat, laut, serta kereta api.

Pada teknis pelaksanaannya nanti akan di selenggarakan pada satu titik simpul tranportasi. Dengan begitu, keberangkatan dapat terkoordinasikan dengan mudah.

baca juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 Kabupaten Banyumas dan Sekitarnya

baca juga: 5 Menu Cocok untuk Sahur yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

Informasi Mudik Gratis 2024 per-Moda

  • Jalur Darat program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk, pendaftaran mulai 5 Maret s.d. 3 April 2024 melui aplikasi resmi bernama Mitra Darat.
    Arus keberangkatan dan arus balik akan di sediakan sejumlah 722 unit bus untuk maksimal 30.088 penumpang 30 unit truk untuk menampung 900 unit sepeda motor penumpang.
    Keberangkatan arus mudik akan mulai di lakukan di bulan April, yaitu 5 April s.d. 7 April 2024. Sedangkan untuk arus baliknya, akan di lakukan pada tanggal 14 & 15 April 2024.
  • Jalur laut program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut akan menampung 9.800 penumpang dan sejumlah 4.800 unit sepeda motor. Nantinya akan mulai di jadwalkan pada tanggal 3 April s.d. 17 April 2024.
  • Selanjutnya adalah informasi mengenai mudik gratis dengan kereta api.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *