Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Radargroup.id- Cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi bisa dengan cara pola hidup sehat. Pada umumnya hipertensi dan kolesterol yang didapat berasal dari gen keturunan yang susah untuk dicegah. Faktor yang laon juga berasal dari ras, usia, dan jenis kelamin. Hal ini juga membuat orang-orang lebih rentan mengalami hipertensi dan juga kolesterol.

Namun dengan pola hidup sehat dapat membantu kalian tidak terkena berbagai penyakit.
Berikut bebarapa cara untuk menurunkan kolesterol dan juga darah tinggi untuk kesahatan tubuh.

Salah satunya dengan mengonsumsi obat dapat membantu kalian untuk menurunkan kolesterol dan darah tingg. Namun hal ini akan menyebabkan kalian ketergantungan untuk mengonsumsi dengan obat-obatan. Dan selain dengan obat kalian juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat.

Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol dan darah tinggi dengan pola hidup sehat?
Berikut beberapa cara untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi dengan pola hidup sehat:

1. Dengan Cara Olahraga Secara Rutin


Dengan berolahraga secara rutin kalian dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi. Namun olahraganya harus secara rutin, misal tiga kali dalam seminggu drlsms 150 menit.

Olahraga yang dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi yakni melatih otot jantung. Dengan melatih otot jantung, jantung akan lebih kuat. Disaat jantung lebih kuat, jantung dapat memompa darah lebih banyak tanpa harus memaksa kinerja otot jantung. Sehingga tekanan darah pada pembuluh darah ikut menurun.

Olahraga sedang yang dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi yakni:

  • Dengan berjalan
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Naik tangga dan
  • Berenang

2.Hindari Makanan yang dapat memicu hipertensi dan kolesterol


Beberapa makanan yang dapat memicu hipertensi dan kolesterol yakni:

  • Makanan cepat saji
    Pengolahan makanan cepat saji pada umumnya menggunakan banyak garam dan minyak. Kandungan yang terlalu banyak garam dan minyak memiliki kandungan natrium dan lemak trans yang tinggi.
  • Daging olahan
    Daging olahan juga mengandung banyak garam yang bernatrium tinggi sebagai pengawet. Selain itu daging olahan juga memiliki kadar lemak jenuh yang lebih tinggi dari pada daging yang masih segar.
  • Keju olahan
    Dengan mengurangi keju olahan kalian dapat menurunkan kolesterol dan juga darah tinggi. Keju olahan ini diolah dengan bahan kimia seperti natrium fosfat. Karean dalam 28gram persajinya mengandung 377 natrium. Penderita kolesterol dan darah tinggi harus mengindarinya.
  • Selanjutnya hindari bolu dan juga dessert/ pencuci mulut.
    Bolu dan beberapa jenis kue lainnya seringkali menggunkan mentega dan juga whipped cream yang terdapat lemak jenuhnya. Maka dari itu penderita kolesterol dan darah tinggi harus mengurangi makanan jenis kue, kiek, kukis dan dessert yang lainnya.

3. Kurangi garam, lemak jenuh dan lemak trans


Dengan mengurangi garam, lemak jenuh dan lemak trans dapat mengurangi kolesterol dan darah tinggi. Sebisa mungkin mengkonsumsi garam tidak lebih drai 5 gram/ satu sendok the dalam seharinya.

4. Berhenti Merokok


Dengan berhenti merokok dapat menurunkan kolesterol dan darah tinggi dengan cara paling ampuh. Karena dengan merokok dapat membuat gumpalan-gumpalan di pembuluh darah. Dan kadar kolesterol baik akan ikut menurun, padahal kolesterol baik berguna untuk mangatasi kolesterol jahat yang menggumpal di pembuluh darah.

5. Menjaga berat badan


Berat badan harus ideal. Karena obesit Pada umumnya dapat menyebabkan sindrom metabolik, yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, hipertensi dan juga stroke.
Cara mengetahui berat badan yang ideal dengan cara mengukur IMT (Indeks Massa Tubuh) seperti rumus berikut ini

IMT = berat badan : tinggi badan Cara Menurunkan Kolesterol dan Darah Tinggi

Baca Juga : Main Game PC Sambil rebahan ? Ya Steam Deck Jawabannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *