Dijamin Nyambung! Ini 5 Trik Komunikasi Agar Kamu Disukai Lawan Bicaramu

RADARGROUP.ID- Artikel ini akan memuat tentang trik atau cara komunikasi yang baik agar kamu di sukai oleh lawan bicaramu. Simak selengkapnya di sini!

Pernahkan kamu melihat atau menjalin komunikasi dengan seseorang yang memiliki cara berkomunikasi yang baik. Sampai-sampai kamu tidak bisa mengalihkan pandangan atau mengalihkan fokus, kamu akan terus mendengarkan apa yang dia ucapkan. Selain itu, semua yang di katakannya juga bisa kamu pahami dengan baik, lalu kamu bertanya-tanya, bagaimana cara berkomunikasi seperti itu.

Saat melakukan interaksi sosial memang alangkah baiknya kita berperilaku dan berbicara secara percaya diri dan menjadi diri sendiri. Pada komunikasi, tentu ada yang kalanya berbicara dan mendengar.

Menjadi pendengar sendiri tanpa menyela pembicaraan saja sebenarnya bukan hal yang mudah, tetapi jika kamu mengetahui cara untuk merespon komunikasi dengan baik itulah yang akan menjadi nilai tambah dalam diri kamu dalam komunikasi.

Nah, jika kamu belum bisa seperti itu, kamu tidak perlu khawatir karena berikut ini telah radargroup.id rangkumkan cara yang baik untuk komunikasi agar berjalan dengan lancar.

Baca Juga:

Cara Komunikasi dengan Baik dan Lancar

1. Jadilah Pendengar yang Baik
Cara komunikasi yang baik adalah memposisikan diri sebagai pendengar yang baik sehingga lawan bicara nantinya akan merasa di hargai. Mendengarkan lawan bicara dengan seksama saat berinteraksi akan menunjukkan ketertarikanmu pada lawan bicaramu, sehingga lawan bicaramu akan menghargai dan menerima kesan yang baik dari dirimu.

Jangan sekali-kali kamu memainkan ponsel atau memalingkan tubuh kepada seseorang yang sedang berbicara, apalagi hal tersebut bukanlah hal genting.

2. Buat Lawan Bicara Bebas Mengekspresikan Diri
Cara selanjutnya adalah dengan membiarkan lawan bicara merasa nyaman saat komunikasi dengan kamu. Selain menjadi pendengar yang baik, kamu di sarankan untuk tidak memotong perkataan saat dia bercerita dan mencoba berpikiran terbuka. Sehingga nantinya, kamu tidak akan mudah melakukan judge terhadap lawan bicaramu.

baca juga: 5 Hobi Ini Bisa Bikin Branding dan Feeds Instagram Jadi Estetik

Hal tersebut nantinya dapat membuat lawan bicaramu merasa nyaman, terbuka, dan akan jujur tentang perasaannya padamu. Memberikan beberapa bahasa tubuh seperti anggukan dan ekspresi yang mendukung juga akan membuat lawan bicaramu di perhatikan dengan baik.

3. Pastikan Komunikasi Berjalan Dua Arah dengan Memberi Respon Balik
Setelah cara pertama dan kedua kamu lakukan, selanjutnya kamu perlu memberi respon balik atau dengan mengajukan beberapa pertanyaan berdasarkan sudut pandang lawan bicara.

Hal tersebut akan menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan hal-hal yang tengah ia bagikan denganmu. Hindari untuk mengalihkan topik atau mengganti topik ketika pembahasan belum selesai atau malah membandingkan dengan pengalamanmu ya.

baca juga: 5 Kebiasaan Ini Akan Membuat Jantung Tetap Sehat

4. Tunjukkan Bahwa Kamu Menyukai Topik yang Di bawakan Lawan Bicara

Tunjukkan pada lawan bicaramu bahwa kamu tertarik dan tidak menyesal mendengarkan cerita dan pengalaman-pengalaman yang dia bagikan denganmu. Hal tersebut akan membuat komunikasi di antara kalian akan semakin baik karena dia bisa semakin percaya diri dan nyaman ketika bersamamu.

5. Memahami Emosi Lawan Bicara
Selain hanya sekadar mendengarkan, memahami emosi lawan bicara juga cukup penting agar komunikasi berjalan dengan baik. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menaruh simpati terhadap lawan bicaramu. Nantinya, tentu lawan bicaramu akan senang untuk menghabiskan waktu bersamamu lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *