Jadwal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Syaban, Februari 2024 Beserta Niatnya

Radargroup – Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang di laksanakan di setiap pertengahan bulan tahun hijriah. Berikut jadwal dan niat puasa Ayyamul Bidh di bulan Syaban, Februari 2024.

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang di laksanakan di setiap pertengahan bulan dalam hitungan tahun hijriah. Hukum dari puasa ini adalah sunnah muakad atau amalan yang sangat di anjurkan untuk di laksanakan oleh umat muslim. Hal ini telah di jelaskan dalam hadist riwayat Ibnu Abbas, berkata: “Rasulullah SAW sering kali tidak makan pada hari-hari dimana malamnya cerah (ayyamul bidh) baik saat di rumah maupun saat berpergian.”

Ayyamul Bidh pada bulan Februari 2024 ini bertepatan pada bulan Syaban. Bulan Syaban sendiri merupakan salah satu bulan yang sangat mulia dengan segala keistimewaannya. Oleh karena itu puasa sunah ini pada bulan syaban sangat di anjurkan. Selain puasa sunah tersebut, ada beberapa puasa sunah yang sangat di anjurkan untuk di laksanakan di bulan Syaban ini yaitu puasa daud dan senin-kamis.

PUASA RAMADHAN 2024 Berapa Hari Lagi? Intip Jadwal Ramadhan 1445 H Versi MUHAMMADIYAH dan NU

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Syaban, Februari 2024

Ayyamul bidh bulan Syaban, Februari 2024 ini di mulai pada tanggal 23-25 Februari 2024 atau 13-15 Syaban tahun 1445 hijriah.

  • Hari pertama pada Jumat tanggal 23 Februari tahun 2024 atau 13 Syaban tahun 1445 Hijriah.
  • Hari kedua pada Sabtu tanggal 24 Februari tahun 2024 atau 14 Syaban tahun 1445 Hijriah.
  • Hari ketiga pada Minggu tanggal 25 Februari tahun 2024 atau 15 Syaban tahun 1445 Hijriah.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نويت صوم أيام البيض الله تعالى

Nawaytu Shauma Ayyamilbid Lillahita’ala

Keutamaan puasa

  • Sama Halnya Puasa Sepanjang Tahun

Puasa sunah ini memiliki keutamaan penting yaitu nilai puasa ini terhitung seperti berpuasa selama sepanjang tahun. Hal ini telah di jelaskan oleh Abdullah bin Amr bin Al-Ash dalam Hadist Riwayat Bukhari.

  • Sunah Rasullulah

Puasa suna ini menjadi salah satu amalan yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW untuk para umatnya. Hal ini telah di jelaskan oleh Abu Hurairah dalam Hadist Riwayat Bukhari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *