Tips Pilih Angsuran KUR Paling MUDAH

RADARGROUP.ID – Kondisi perekonomian saat ini mulai mengalami pertumbuhan. Meningkatnya aktifitas transaksi pasar dan distribusi selepas masa pandemi tahun awal tahun 2020 sampai akhir 2022 terus terjadi. Sehingga modal jadi penting. Nah, berikut ini disampikan Tips Angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Paling Mudah.

Saat ini, tren positif pertumbuah ekomomi masyarakat tidak lepas dari permodalan. Pemerintah membantu dengan memberikan modal pada masyarakat melalui KUR melalui Bank BUMN antara lain BRI, BNI, Mandiri dan Mandiri. Simak terus ya soal Tips Angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Paling Mudah.

Sebagai informasi, tujuan Utama KUR adalah untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan aktifitas ekonominya. Pemerintah melalui kebijakananya memberikan kemudahan untuk mendapaktan modal usaha.

Meskipun pemerintah menyebutnya bantuan tetepi secara prinsip bentuknya tepap merupakan pinjaman di mana ada kewajiban yang harus di tanggung oleh penerima bantuan atau modal. Faktor penting yang harus di perhatikan adalah kewajiban sebagai penerima KUR dari pemerintah.

Tips Pilih Bank Penyalur KUR

Pemerintah telah menentukan Bank-Bank penyalur KUR yang Merupakan Bank BUMN yang secara umun sudah banyak tersebar di seluruh wilayah indonesia bahkan sampai ke pedesaan.

Pemilihan Bank di perlukan untuk mengetahui kebijakan atau metode penyalurannya. Mengapa hal tersebut penting? Karena Setiap Bank atau lembaga keuangan pasti memiliki memiliki aturan atau metode untuk prodaknya.

Misalnya untuk Produk KUR BRI dan KUR Mandiri. Meskipun sama-sama program dari pemerintah aturan mulai dari syarat pengajuan sampai metode penganguran bisa berbeda.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap produk KUR masing-masing Bank, maka akan mempermudah dalam pelunasan. Pahami dengan teliti prodak KUR dan tanyakan informasi dengan detail di customer service Bank tempat akan mengajukan Pinjaman KUR.

Sebagai satu contoh kebijakan salah satu Bank BUMN Penyalur KUR adalah adanya dana yang wajib di tinggal direkening, atau di wajibkan membuat Rekening baru meskipun sudah memiliki rekening. Dengan mengetahui keunggulan dan Kekurangan produk KUR tersebut, maka dapat memberikan informasi sehingga tidak menimbuklan kendala di waktu mendatang.

Dalam kasus tertentu seperti adanya syarat saldo nominal yang harus tersimpan. Apabila kita mengajukan pinjamam dengan rencana penggunaan 100 persen dari modal pinjaman, bisa jadi Bank hanya dapat memberikan dana 90-99 persen tergantung kebijakan.

Hal itu tentu akan menjadi kendala karena kita harus kembali mencari dana tambahan untuk kekurangan dari kebutuhan kita.

Perhatikan Perjanjian KUR

Salah satu yang sering menjadi kendala dalam hal metode pengangsuran adalah waktu pengangsuran dan adakah fasilitas yang menyertai dan adakah biaya tambahan. Contohnya ada tambahan fasilitas SMS pemberitahuan. Terkadang mungkin tidak mengetahui bahwa kita sudah menyetujui penggunaan fasilitas tersebut. Padahal penggunaan fasilitas tersebut ada administrasi biaya yang di kenakan setiap bulannya.

Metode paling aman saat ini untuk pengangsuran paling efektif dengan menyisakan saldo di tabungan, n maka cukup memperhatikan kapan waktu penarikan dari pihak Bank. Sehingga mengurangi resiko untuk mendapat pinalti dari pihak bank.

Dampak dari terlambat atau lewat dari waktu kesepakatan pengangsuran akan membuat menangung kompensasi tambahan setoran. Jelas akan sangat merugikan apabila setiap bulan kita mendapat pinalti. Bisa jadi pada saat kita melakukan setoran terahkir baru nominal pinalti dari keterlambatan muncul dan di hitung. Hal ini kan menimbulkan kekecewaan. Itulah tips sesuai dengan pengalaman penulis tentang KUR di perbankan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *