KUR BRI Bunga 6 Persen, Kenali Bermacam Bunga Perbankan

RADARGROUP.ID – KUR 2023 telah resmi tersedia pada awal tahun ini, sebagai wujud Pemerintah Indonesia memberi pilihan pembiayaan terkhusus pada Usaha Mikro, Kecil, sampai Menengah (UMKM).

KUR atau Kredit Usaha Rakyat selanjutnya dimandatkan kepada Lembaga Keuangan untuk menyalurkannya. Dengan kata lain, 100% Uang yang tersalurkan nantinya merupakan dana dari Lembaga Keuangan itu sendiri.

BRI selaku salah-satu Lembaga Keuangan yang diberi kepercayaan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat pada 2023 ini, dibantu subsidi pemerintah sekitar 10% untuk mensubsidi uang yang sangat besar, yaitu kurang lebih sejumlah Rp 270 Triliun.

Dengan suku bunga efektif hanya 6% pertahun. Lalu apa itu suku bunga efektif? Ada berapa macam dari jenis Bunga Bank? Simak artikel sampai tuntas.

BACA JUGA: Apa Itu Pinjol Resmi OJK? Simak Penjelasannya

Definisi sederhana dari Bunga Bank adalah suatu biaya yang dibebankan kepada Nasabah Bank yang menggunakan Jasa Keuangan dari Bank itu sendiri, atau bisa dikatakan sebagai uang ‘balas jasa’.

Jasa Keuangan Bank dapat berupa pinjaman seperti KUR, simpanan pada rekening Bank, dan lain sebagainya.

Mengutip dari laman resmi OJK, Suku Bunga Bank yang ada di Indonesia mencakup 5 jenis, yaitu;

1. Suku Bunga Tetap (Fixed)

Sesuai namanya, suku bunga ini sifatnya tetap, tidak berubah selama masa angsuran berjalan atau sampai nanti tanggal jatuh temponya tiba. Salah-satu contohnya adalah Suku Bunga pada KPR (Kredit Pemilikan Rumah) Rumah Bersubsidi.

2. Suku Bunga Mengambang (Floating)

Berbanding terbalik dengan Suku Bunga Tetap, Bunga Floating akan selalu berubah nilainya mengikuti Suku Bunga yang beredar di pasaran.

Misalnya adalah KPR dengan perjanjian waktu angsuran tertentu, bisa berupa angsuran dengan lama waktu 4 tahun. 2 tahun pertama menggunakan Bunga tetap dan sisanya Bunga Mengambang-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *