Fungsi DANA Pensiun, Begini Cara Menghitungnya, Siap-siap BAHAGIA di HARI TUA

RADARGROUP.ID–Fungsi DANA pensiun setelah masa tugas kira-kira apa ya? Meskipun mungkin sekilas sudah banyak yang tahu, tapi artikel ini akan mengupas lebih dalam terkait manfaat dan tips meyimpan dana pensiun Anda.

Dana pensiun merupakan simpanan penting saat hari tua. Pada umumnya, tabungan dana pensiun tersebut dikumpulkan saat seseorang masih dalam masa produktif bekerja. Biasanya, mulai dari usia 20 hingga 60 tahun.

Pensiun artinya masa tugas yang dimiliki telah selesai. Sehingga, dana yang tadinya terkumpul selama puluhan tahun akhirnya bisa menopang hidup ketika sudah tidak bekerja.

Mempersiapkan dana tabungan pensiun merupakan hal yang sangat penting. Untuk lebih jelasnya, bisa simak pembahasan lengkapnya di sini!

Pengertian Dana Pensiun

Dana pensiun adalah dana yang dikumpulkan oleh lembaga tertentu dari hasil iuran pekerja, selanjutnya diberikan lagi kepada pekerja pada saat masa pensiun.

Dana pensiun memang penting sebagai tabungan di hari tua nanti. Meski begitu, sebelum mempersiapkan dana pensiun, pastikan kebutuhan Anda saat ini terpenuhi lebih dulu.

Fungsi Dana Pensiun

Saat kondisi badan sudah mulai menua, umumnya akan sulit untuk bekerja dan meraih pendapatan karena misalnya faktor kesehatan yang mulai menurun dan sebagainya.

Nah, saat tidak bekerja, dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa tergantikan oleh dana yang sudah terkumpul sejak lama.

Agar bisa mempersiapkan hari tua Anda dengan baik, Anda perlu mengetahui berbagai fungsi dana pensiun.

Fungsi dana pensiun terbagi menjadi 3 yaitu fungsi bagi perusahaan, karyawan, dan bagi penyelenggara program dana pensiun tersebut. Berikut penjelasannya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *