Marketplace Guru Jadi Solusi Mendikbud dalam Perekrutan ASN PPPK

RADARGROUP.ID – Marketplace guru digadang-gadang menjadi solusi pemerintah dalam proses perekrutan guru PPPK. Program ini jadi upaya Mendikbud dalam memenuhi kebutuhan guru di Indonesia.

BACA JUGA: LPDP Tahap 2 Dibuka 9 Juni 2023, Ini Ketentuan LoA dan Syarat Khusus Bagi Pendaftar

Baru-baru ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, memperkenalkan terobosan baru seputar formasi guru di Indonesia.

Rencana MendikbudRistek tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI bersama dengan MenPAN-RB, Menkeu, dan Mendagri pada Rabu, 24 Mei 2023 lalu. Lantas, bagaimana rancangan program dan mekanismenya bagi PPP3?

Rancangan Program Marketplace Guru

Pada Rapat Kerja Komisi X DPR RI, Nadiem menyampaikan rencana perekrutan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berdasarkan rancangan tersebut, Nadiem Makarim selaku MendikbudRistek berupaya mengatasi permasalahan guru honorer di Indonesia melalui program itu.

Lebih lanjut, MendikbudRistek menyampaikan bahwa ada tiga masalah utama yang melatarbelakangi program marketplace guru. Pertama, adanya kekosongan posisi guru secara mendadak akibat pindah sekolah, pension, hingga kematian.

SIMAK: Ciri-ciri Pengumuman BUMN Palsu, Waspadai Hal-hal Berikut!

Hal ini menjadi masalah utama sebab pihak sekolah tidak bisa merekrut guru PPP3 segera setelah adanya kekosongan dan harus menunggu perekrutan dari pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *