Rabu, 22 Maret Pelaksanaan Sidang Isbat Kemenag, Penentuan Awal Ramadan, Puasa Sama, Lebaran Berpotensi Berbeda

RADARGROUP.ID – Pemerintah akhirnya mengumumkan kapan waktu siding isbat tahun 2023 atau pada tahun 1444 Hijriah. Keputusan yang di ambil Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam atau di singkat Ditjen Bimas Kementerian Agama adalah menggelar Sidang Isbat  atau penetapan untuk  awal Ramadhan 1444 Hijriah, Rabu, 22 Maret 2023 mendatang.

Dalam keterangan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, di Jakarta, Rabu, sidang isbat di gelar 22 Maret.   Dia mengatakan, sidang isbat seperti biasa di lakukan yaitu pada 29 Syakban. Tepatnya Rabu, 22 Maret 2023.

Baca Juga : RESEP MENU Sahur dan Berbuka Puasa SEHAT! Solusi Memenuhi Kebutuhan Gizi Bulan Puasa 2023

Sementara sidang isbat sendiri akan di gelar hybrid. Yaitu gabungan antara daring dan luring. Dalam hal ini, Tim yang terlibat adalah Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Lalu pada pelaksanaan sidang isbat ada Komisi VIII DPR RI dan pimpinan MUI. Kemudian duta besar negara sahabat. Lalu  perwakilan ormas Islam, dan juga yang lainnya.

Rangkaian pelaksanaan tiga tahap saat 22 Maret Sidang Isbat :

Pertama adalah seminar. Seminar ini untuk pemaparan posisi hilal. Tepatnya, posisi hilal awal Ramadhan 1444 H. Data ini akan berdasarkan hasil hisab perhitungan astronomi.

Lalu pemaparan di lakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag. Acaranya mulai pukul 17.00 WIB. Agenda ini terbuka untuk umum.

Kedua pelaksanaan sidang isbat. Hal ini untuk penetapan awal Ramadhan 1444 H. Pad palaksanaan ini, di laksanakan luring. Waktunya setelah Shalat Magrib. Agendanya tertutup untuk umum.  Ada juga pembahasan data hisab. Kemudian sidang isbat merujuk hasil rukyatul hilal 123 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga : JANGAN SAMPAI DISKIP! Inilah 3 Ide Jualan Saat Bulan Puasa Ramadhan dengan Modal yang Kecil Tetapi MENGUNTUNGKAN

Ketiga atau Sesi terakhir adalah telekonferensi pers. Ini untuk mengumumkan hasil sidang isbat. Lalu di siarkan langsung TVRI dan media lainnya.               

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *