Niat dan Tata Cara Qadha Puasa Ramadhan, Ayo Segera Lakukan Untuk Yang Masih Belum!

Kita bisa melaksanakan puasa qadha setelah Ramadhan selesai sampai Ramadhan selanjutnya tiba. Cara pelaksanaanya pun sama dengan tata cara pelaksanaan puasa Ramadhan.

RADARGROUP.ID – Wajib hukumnya untuk melakukan Qadha puasa Ramadhan yang tahun lalu bolong.

Puasa Qadha sendiri merupakan kewajiban untuk mengganti puasa Ramadhan yang pada bulan Ramadhan sebelumnya tidak terlaksana dengan jumlah hari yang sama.

Biasanya, kita bisa melaksanakan qadha puasa begitu Ramadhan selesai atau saat mulai memasuki bulan Syawal. Namun, ada beberapa orang yang mengundurnya sampai di waktu mereka memiliki kesempatan.

Tentu saja tidak ada yang melarang hal tersebut karena tidak ada syariat yang mewajibkan mengenai waktu untuk melaksanakan qadha puasa. Syariat hanya mewajibkan untuk mengganti utang puasa Ramadhan yang dimiliki oleh seseorang.

BACA JUGA : Anti Mainstream! Olahan Roti Tawar yang Cocok Untuk Berbuka Puasa!

Di dalam islam, terdapat dua cara untuk membayar utang puasa Ramadhan. Cara pertama yaitu dengan qadha puasa dan yang kedua yaitu dengan membayar fidyah.

Puasa Ramadhan 1444 H sebentar lagi akan tiba. Untuk saat ini pemerintah belum menentukan kapan hari pertama puasa akan tiba. Hal ini karena kementerian agama (kemenag) belum mengadakan sidang isbat.

Setidaknya kita bisa melihat kapan perkiraan hari pertama puasa di kalender yang sudah ada oleh pemerintah. Yakni antara tanggal 22 Maret 2023 atau pada tanggal 23 Maret 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *