MENGAPA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA LPDP TIDAK MAU PULANG? SIMAK INFORMASI BEASISWA LPDP 2023!

MENGAPA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA LPDP TIDAK MAU PULANG? SIMAK INFORMASI BEASISWA LPDP 2023!

Radargroup.id-MENGAPA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA LPDP TIDAK MAU PULANG? SIMAK INFORMASI BEASISWA LPDP 2023! Baca selengkapnya disini

Pada minggu lalu, jagat dunia maya di gegerkan dengan berita para mahasiswa penerima beasiswa LPDP tidak mau pulang ke Indonesia, hal ini tentu membuat para netizen geram, dan melaporkannya kepada Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keungan Indonesia.

Berita ini viral setelah tangkapan layar dari obrolan para mahasiswa penerima yang mengaku tidak ingin kembali ke Indonesia padahal masa studinya telah selesai ini tersebar di berbagai media sosial dan menjadi tranding topik, salah satunya adalah twitter.

Dari 35.536 mahaiswa, tercatat sebanyak 413 mahasiswa yang menolak kembali ke Indonesia. Apa sebenarnya alasan mereka menolak kembali ke Indonesia? Di duga mereka ingin menghindari membayar pajak yang pada umunya mereka adalah pasangan suami istri. Namun, ada dugaan lainnya yaitu mereka enggan kembali karena jika sudah berada di Indonesia mereka beranggapan akan kesulitan dalam mencari pekerjaan dengan gaji yang mereka inginkan.

Penelokan mahasiswa penerima beasiswa LPDP untuk pulang tentu saja menjadi masalah dan membuat orang-orang menjadi geram karena program tersebut berada dalam naungan Menteri Kuangan dan tentu saja menggunakan uang negara. Ibu Sri Mulyani mengungkapan bahwasannya para penerima beasiswa LPDP itu memiliki hutang kepada negara, oleh karena itu di harapkan mereka dapat membayarnya dengan prestasi dan kontribusi kepada negara.

Program tersebut di sinyalir banyak penyimpangan karena ketidak tepat sasaran penerimanya. Orang-orang beranggapan banyak dari penerima beasiswa yang berasal dari keluarga mampu bahkan kaya, sedangkan banyak orang yang ingin belajar di luar negeri tapi terkendala ekonomi keluarga.

Di tengah berita ini, justru pada tahun 2023 LPDB menambah kuota penerima beasiswa menjadi 7.000 mahasiswa.

BACA JUGA : CEK Detail TABEL ANGSURAN KUR BSI 2023, Limit Sampai Rp500 Juta, TANPA RIBA

Pengertian Beasiswa LPDP

Apa itu beaswa LPDP? Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mengerti, simak penjelasan beriku . Beasiswa LPDP di berikan oleh negara kepada para masiswa yang ingin melanjutkan studi S2, dan S3 di Universitas di luar negeri. Beasiswa ini juga memberikan tunjangan seperti tunjangan pendidikan dan tunjangan hidup demi kelancaran studi mereka.

Kategori Beasiswa LPDP

Tiga kategori yaitu kategori reguler (umum), Afirmasi, dan Targeted.

  1. Kategori Reguler (umum): Dalam kategori reguler (umum) terdapat tiga macam beasiswa yaitu Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), Beasiswa Reguler, dan Beasiswa Persial.
  2. Kategori Afirmasi: Dalam kategori afirmasi terdapat empat macam beasiswa yaitu Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera.
  3. Kategori Targeted: Dalam kategori Targeted terdapat empat macam beasiswa yaitu Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis; dan Beasiswa Kewirausahaan.

Dari ketiga kategori tersebut, kalian dapat mendaftar sesuai kategori kalian karena tujuan beasiswa ini adalah untuk semua pelajar dari berbagai kalangan

Persyaratan

Sebelum mendaftar, ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu, meliputi:

  1. Warga negara Indonesi (WNI)
  2. Tidak sedang dalam masa studi/lulus progam D4/S1 atau S2
  3. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, menerima baesiswa lainnya
  4. Program studi dan universitas harus sesuai dengan ketentuan LPDP
  5. Harus melampirkan penyetaraan ijazah dan konvensi IPK jika kalian lulusan universitas luar negeri
  6. Melengkapi profil pendaftaran
  7. Menandatangani surat pernyataan yang terlampir pada aplikasi pendaftaran
  8. Menuliskan pernyataan kesediaan kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikan studi
  9. Untuk pendaftaran progam S3, kalian wajib menulis proposal penelitian
  10. Menuliskan tautan atau riwayat publikasi ilmiah (jika ada)

6 Tahapan Pendaftaran

  1. Membuat akun di website beasiswa LPDP

Kalian bisa membuat akun melalui website beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Setelah membuat akun, kemudian lengkapi data diri kalian.

  • Memilih kategori beasiswa
  • Mengisi form penilaian diri
  • Mengunggah dokumen dan essai
  • Surat pernyataan dan pengiriman data lalu submit
  • Cek pengumuman

Untuk mengecek hasil pengumuman, kalian bisa mengeceknya di website yang sama saat membuat akun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *